Rabu, 29 Januari 2014

Tentang Parkour



                           Sejarah Parkour dan Biografi David Belle

              
http://wallpoper.com/images/00/28/79/99/parkour-traceurs_00287999.jpg
 Sejarah awal terciptanya parkour berawal dari seorang perwira angkatan laut Perancis bernama Georges Hebert. http://www.sport-sante.fr/files/rubrique_page/images/image_225.jpg 
Ketika perang Dunia II ia ditugaskan ke Afrika, disinilah ia menyaksikan dan terkesan dengan masyarakat disana, mereka memiliki gerakan yang atletis, efisien, fleksibel, gesit, terampil dan kuat yang semuanya berasal secara alami. Setelah ia kembali ke Perancis, ia terisnpirasi untuk mengembangkan metode gerakan alami tersebut di mana semua orang baik laki-laki dan perempuan di lingkungan militer Perancis dilatih untuk bergerak dengan hanya menggunakan tubuh dan lingkungan sekitarnya untuk pengembangan fisik mereka. Metode ini dikenal dengan "metode naturelle" atau metode alami, dan ini menjadi pondasi awal dari gerakan olahraga parkour.                                                                                                        
(ket photo : Georges Herbert)  
Perkembangan parkour hingga menjadi displin olahraga yang terpadu hingga dikenal sekarang dimulai pada tahun 1988 oleh David Belle yang pada saat itu berumur 15 thn di daerah Lisses, Perancis yang belajar tentang disiplin "naturelle metode" dari ayahnya yang seorang anggota resimen SAR militer Perancis. Belle kemudian melatih grup dengan metodi alami yang kemudian muncul istilah "parkour," kata yang berasal dari "parcours du combattant", yaitu sebuah rintangan yang digunakan untuk melatih prajurit militer Perancis. Parkour juga dikenal dengan "l'art du déplacement", yang artinya "seni perpindahan," dan beberapa orang hanya menyebutnya "PK." Seseorang yang melakukan Parkour disebut sebagai traceur, atau traceuse jika dia perempuan.                          
(ket photo : David Belle)
 Parkour bertujuan untuk melatih efisiensi gerakan untuk membentuk badan dan pikiran seseorang untuk dapat menghadapi rintangan-rintangan dalam kondisi bahaya. Parkour mempunyai arti bergerak atau berpindah tempat dari point A ke point B seefisien dan secepat mungkin yang menggunakan prinsip dari Parkour dengan mengedepankan keindahan bergerak sekaligus diimbangi oleh kemampuan dari tubuh manusia itu sendiri. 
http://img.filmsactu.net/datas/personnes/d/a/david-belle/xl/4c09230216f28.jpg
Belle yang bertemu dengan Sebastian Foucan mendirikan sebuah grup Parkour yang dikenal dengan nama 'Yamakasi'. Disini mereka beserta beberapa pemuda lainnya mulai mengembangkan Yamakasi dan menjadi tim Parkour yang paling dikenal di Perancis. Namun karena perbedaan prinsip, David dan Sebastian berpisah dan meninggalkan Yamakasi. Sehingga saat film Yamakasi yang dibuat pada tahun 2001 harus tetap berjalan tanpa kehadiran mereka berdua.
(ket photo : Sebastian Foucan)
David tetap memegang prinsip Parkour yang tetap mengedepankan tentang keefektifan dan efisiensi yang menampilkan kesederhanaan dan memiliki filosofi melewati rintangan dengan cepat dan efisient. Sedangkan Sebastian lebih memilih untuk membuat gerakan-gerakan dari parkour terlihat lebih indah yang dapat membuat orang yang melihatnya menjadi tertarik. Sehingga akhirnya ia menambahkan gerakan acrobat seperti flip atau salto dikombinasi dengan gerakan pacours du combatant yang akhirnya menjadi Freerunning. Hal tersebut yang membuat  David Belle berbeda pandangan dengan Sebastian Foucan. Karena menurut David Belle, gerakan acrobat atau salto sangat tidak efisien dan sangat bertolak belakang dengan originalitas Parkour. Selain itu, keinginan untuk melakukan gerakan hanya untuk dilihat orang lain tanpa keinginan untuk melakukan gerakan itu dari diri sendiri, merupakan hal yang bertolak belakang dengan parkour.
Parkour di Indonesia berkembang pertamakali pada tahun 2007 di bawah naungan Parkour Indonesia (www.parkourindonesia.web.id). Parkour Indonesia memiliki tujuan untuk berperan sebagai sumber informasi mengenai Parkour dan pengembangan Parkour bagi masyarakat Indonesia. Namun sayang ketika penulis coba mengakses situs tsb dalam keadaan suspended.

 

http://parkourpedia.com/wp-content/uploads/2008/08/david-belle-259x300.jpg

Biografi David Belle ( Pendiri Parkour )


    David Belle (lahir 29 April 1973) dikenal sebagai pendiri Parkour. Belle Parkour didirikan berdasarkan pelatihan dan ajaran dari ayahnya Raymond Belle . Disiplin yang telah menyebar di seluruh dunia dan sekarang memiliki pengikut di hampir setiap negara. Belle juga merupakan aktor dan koreografer, dan dia terkenal karena karyanya parkour memasukkan ke dalam film seperti di Distrik 13 , Babel AD , dan Prince of Persia.

   
David Belle lahir dan dibesarkan di Fecamp , Perancis. Dia turun dari sebuah keluarga sederhana di pinggiran kota Paris. Kakeknya Gilbert Kitten, ayah Raymond Belle , dan saudara Jeff Belle adalah penolong sangat terampil dalam layanan api Perancis militer. 
    Pada tahun 1984, pada usia 11 Belle pindah ke Lisses , Perancis. Dia membuat teman dekat dengan sekelompok remaja dengan gairah fisik yang sama yang memulai pelatihan dengan dia. Beberapa teman yang berlatih bersama David kemudian menjadi dikenal sebagai Yamakasi .  menghabiskan waktu di brigade militer dan api dengan aspirasi mengikuti jejak ayahnya dan kakek. Dia meninggalkan segera setelah karena alasan pribadi untuk mendedikasikan dirinya untuk parkour.
    Ia kemudian bergabung dengan Troupes de laut di Vannes , di mana ia menerima promosi, sertifikat kelincahan senam kehormatan, dan catatan juara untuk tali panjat resimen (yang ayahnya pernah dimiliki) dan rintangan Essonne. Dia telah Namun mengatakan bahwa rasa dan cinta untuk petualangan dan kebebasan tidak berjalan dengan baik dengan kehidupan diperintah militer.
    Setelah menyelesaikan layanan nasional, ia bekerja di berbagai profesi termasuk pekerja gudang, petugas keamanan dan penjual mebel. Dia juga menghabiskan 3 bulan di India mempelajari Kung Fu . Setelah kembali ia melanjutkan pelatihan di Parkour dan cuplikan difilmkan kemampuan yang ia kemudian berubah menjadi video Udara Kecepatan Man terkenal. Pada tahun 1997 Tahap 2 tim (Francis Marroto, Sled Pierre dan Pierre Salviac, Georges Kanellitsas) ditunjukkan sebuah video dari Belle dan memutuskan untuk memfilmkan sebuah fitur berita tentang parkour.
Dalam film ini fitur berita istilah Yamakasi digunakan untuk pertama kalinya sehubungan dengan tim. David tidak menyetujui nama dan merasa seperti itu tidak memberikan kredit kepada ayahnya, sehingga ia memisahkan diri dari grup setelah fitur tersebut. Kemudian David akan pergi untuk melatih siswa lain yang memberi diri mereka nama 'Tracer. " Ejaan ini kemudian diadaptasi untuk 'Traceur', dan telah digunakan untuk mendefinisikan seorang praktisi parkour.
Belle pertama kali diperkenalkan untuk karir aktingnya dalam pertemuan dengan Hubert Koundé (La Haine), untuk membahas keberhasilan parkour di layar lebar. Dia kemudian mulai mengembangkan kemampuan aktingnya dengan bermain Pygmalion , dan sejak itu telah berhasil mendapatkan sejumlah peran terutama di film Perancis dan promosi. Belle telah ditampilkan dalam video promosi untuk Tina Turner, dan Iam. Dia telah membintangi "Les gens du perjalanan" dan "Un monde Meilleur", diikuti dengan "Engrenages L'" dan "Femme Fatale", serta "Les Rivières pourpres 2" yang dibintangi Jean Reno . Setelah syuting iklan lebih beberapa dan promosi untuk BBC, Nissan, Canon, dan Nike, Belle dihubungi oleh Luc Besson (direktur Nikita , danThe Fifth Element ) tentang co-bintangi sebagai aktor utama dengan Cyril Raffaelli di film laga Distrik 13 , diikuti dengan sekuel Distrik 13: Ultimatum


Gerakan Dasar dalam Parkour :


1.


Rolling
Rolling >> Mengurangi resiko cedera
Landing (Jump from h
Landing (Mendarat) >> mendarat dengan bagian kaki paling depan, untuk mengurangi resiko cedera, ditambahkan dengan rolling). Kenapa kaki bagian depan? Karena kaki bagian belakang terdapat banyak urat syaraf kita.
2.
Precision Jump
Precision Jump >> Lihat pada gambar
3.
Cat Leap

Cat Leap / Gap Jump >> liat pd gambar
4.


Balance >> membiasakan kita untuk dapat seimbang dan bisa juga digunakan untuk terapi ngehilangin rasa ketakutan.
5.
gerakan ini terinspirasi dari

Cat Balance >> tingkat expertnya dari balance
6.
Vaulting (byk nih va
Vaulting / Passing Obstacles >> ngelewatin obstacles dengan lompatan dan bantuan tangan, gerakan ini byk variasinya, seperti kong, dash, kong to dash (kash), straddle, lazy, monkey, dan byk lainnya. Kalo bisa, buat sendiri vault original Anda!
7.
TicTac

TicTac >> dengan dorongan kaki yang tertumpu pada dinding (seperti gambar) ato benda lainnya, akan membuat lompatan kita semakin tinggi dan jauh.
8.
Swing (Release)
Swing / Release >> liat gambar
9.
ClimbUp / WallUp / M

MuscleUp / Wall Run >> gerakan manjat seperti pada gambar


==========
= Perhatian =
==========
Untuk para pemula (termasuk Saya), jng lah memulai lompat dari ketinggian lebih dari 2 meter. Karena setiap pembelajaran memiliki tahap. Logikanya, Anda akan dapat menjawab sisi miring sbuah segitiga siku2, jika Anda mengetahui rumus trigonometri, mengetahui basicnya (pertambahan, perkalian, pembagian, perpangkatan, pembagian). Sama halnya dengan parkour, kuasai Filosofinya + Basicnya! Dan mesti disuplemenkan dengan Conditioning (Strength Training)
Lihat dan fokuskan pada lingkungan!
Berfikirlah setiap Anda bergerak.
_________________
Gunakanlah otak dan akalmu untuk bergerak efisien!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar